Tuesday, October 6, 2015

Jenis-Jenis Hujan


Hujan adalah salah satu peristiwa hydrometeor yang terjadi pada lapisan atmosfer permukaan bumi. Peristiwa terjadinya hujan dipermukaan bumi ini merupakan suatu siklus tetap yang berlangsung secara terus menerus.
Indonesia adalah negara yang hanya mempunyai 2 musim tetap sepanjang tahun yaitu ;
a. Musim kemarau yang berlangsung pada bulan Oktober-April.
Pada musim kemarau awan bergerak benua asia menuju ke benua australia. sehingga awan pada saat ini sedikit membawa kandungan air.
b. Musim hujan yang berlangsung pada bulan April-Oktober.
Pada musim hujan di indonesia dipengaruhi oleh pergerakan awan yang banyak mengandung air dari Samudra Hindia atau Benua Australia dan bergerak menuju ke enua Asia.

Beberapa jenis hujan yang sering terjadi pada lapisan atmosfer bumi adalah sebagai berikut:
1. Hujan Frontal 
Hujan Frontal adalah hujan yang disebabkan bertemunya angin musim panas yang membawa uap air yang lembab dengan udara dingin bersuhu rendah sehingga menyebabkan pengembunan di udara yang pada akhirnya menurunkan hujan.
2. Hujan Orografis
Hujan orografis adalah hujan yang diakibatkan adanya uap air yang terbawa atau tertiup angin hingga naik ke atas pegunungan dan membentuk awan. Ketika awan telah mencapai titik jenuh maka akan turun hujan.
3. Hujan Zenit
Hujan zenit adalah hujan yang disebabkan karena suhu yang panas pada garis khatulistiwa sehingga memicu penguapan air ke atas langit bertemu dengan udara yang dingin menjadi hujan. Hujan zenit terjadi di sekitar daerah garis khatulistiwa saja

No comments:

Post a Comment

untuk motivasi